Contoh Naskah Pidato Terbaik Dalam Rangka Memperingati HUT RI Di Sekolah


Contoh Naskah Pidato Terbaik  Dalam Rangka Memperingati  HUT RI Di Sekolah

Contoh Naskah Pidato Terbaik  Dalam Rangka Memperingati  HUT RI Di SekolahPeringatan HUT Kemerdekaan RI yang jatuh pada tanggal 17 Agustus dilakukan oleh segenap Bangsa Indonesia melalui berbagai macam cara. Salah satunya lomba pidato tentang peringatan HUT Kemerdekaan RI yang dibawakan oleh siswa pidato memperingati hari kemerdekaan 17 agustus tentu diharuskan melakukan berbagai persiapan, dari kostum, suara, hingga naskah pidato. Tanpa persiapan tentu akan membuat pidato menjadi tidak berjalan dengan baik bahkan kacau balau. Nah, bagi siswa yang memerlukan naskah pidato singkat tentang hari kemerdekaan RI maka bisa melihat contoh pidato singkat berikut ini :
"Contoh Naskah Pidato Terbaik  Dalam Rangka Memperingati  HUT RI Di Sekolah"

Baca juga;

Contoh Naskah Pidato Terbaik  Pertama Dalam Rangka Memperingati  HUT RI Di Sekolah
Contoh Pidato Singkat Hari Kemerdekaan
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Yang terhormat Bapak Kepala Sekolah.
Yang terhormat Bapak, Ibu Guru serta Staff Sekolah.
Dan teman-teman yang saya sayangi.          

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur kehadiran Tuhan yang maha Esa dan saya juga ucapkan terima kasih atas kesempatan yang diberikan kepada saya untuk menyampaikan pidato saya yang bertemakan “Hari Kemerdekaan Republik Indonesia.” Namun rasa kemerdekaan dimaknai berbeda oleh generasi kita yaitu hanya dimaknai pada tanggal 17 Agustus saja, sebenarnya argumen atau pendapat tersebut kurang tepat, karena makna kemerdekaan tidak hanya kita rasakan atau maknai pada hari kemerdekaan Republik Indonesia, tetapi juga pada semua hari-hari yang kita lalui bersama di Negara kita ini.

Jadi jangan hanya menganggap dan memaknai bahwa kita merdeka hanya pada taggal 17 Agustus  saja, karena hal tersebutlah yang dapat menjatuhkan semangat kemerdekaan Negara kita ini  dan seharusnya kita menghargai para pahlawan yang telah gugur dan yang telah memberikan kemerdekaan untuk kita semua jadi kita harus menumbuhkan rasa kemerdekaan itu setiap hari agar kita dapat mempertahankan Negara kita sehingga tidak di jajah lagi.  

Sekian dari apa yang telah saya sampaikan saya berharap atas apa yang telah saya sampaikan dapat berguna bagi kita semua.
Wassalamualaikum Warah matullahi wabarakatu, dan selamat pagi.” 

2.Contoh Pidato Singkat Hari Kemerdekaan
Yang Terhormat Ibu Kepala Sekolah serta Bapak Ibu Guru yang saya hormati, dan teman teman sekalian yang saya sayangi.

Assalamualaikum Wr Wb
Selamat pagi dan Salam Sejahtera untuk kita semua,
Sebelumnya, marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT, Tuhan semesta alam yang teleh berkenan memberikan kita rahmatnya sehingga kita semua bisa berkumpul dalam acara peringatan hari kemerdekaan ini tanpa ada satu halangan apapun. Dalam Suasana hari kemerdekaan Indonesia ini, saya ingin menggelorakan semangat kemerdekaan Indonesia yang saya rasa sudah terkikis terlalu banyak di jiwa para pemuda Indonesia.

Kita seluruh bangsa Indonesia masih ingat betapa hebatnya perjuangan-perjuangan pahlawan kita dalam mempertahankan dan merebut kemerdekaan dari tangan penjajah, sungguh tidak ternilai jasa mereka. Kita sebagai bangsa yang besar harus dapat menghargai jasa pahlawan-pahlawan kita, tetapi yang lebih penting lagi pada saat ini ialah mengisi kemerdekaan ini dengan pembangunan. Mengisi kemerdekaan ini dengan berbagai kegiatan sesuai dengan bidang masing-masing untuk menuju kepada cita-cita kemerdekaan yang pada hakikatnya merupakan juga cita-cita luhur para pahlawan yang gugur mendahului kita yakni terbentuknya kehidupan masyarakat yang adil dan makmur. Marilah kita teruskan semangat para pahlawan kita itu dengan semangat pembangunan. Pembangunan juga merupakan perjuangan yang tak kalah pentingnya dengan perjuangan merebut kemerdekaan . Apakah artinya merdeka jika hidup bertambah sengsara. Kita berusaha tetapi Tuhan yang menentukan. Tetapi ingat saudara-saudara... Tuhan tidak akan merubah nasib seseorang jika manusia sendiri tidak mau berusaha mengubahnya.

Kemerdekaan yang kita peroleh juga merupakan rahmat dari Tuhan. tetapi jangan diharap tuhan memberikan semua apa yang kita cita-citakan jika kita sendiri tidak mau mengusahakannya. Sekali lagi, marilah peringatan hari kemerdekaan kali ini kita isi dengan meningkatkan semangat perjuangan pahlawan kita, semangat perjuangan yang harus kita wujudkan sebagai semangat pembangunan untuk mengisi kemerdekaan ini.

Kiranya, hanya itu yang dapat saya sampaikan, Kurang dan lebihnya, saya mohon maaf. Akhirnya marilah berdoa dan berjuang. Tuhan bersama kita, merdeka.........!!!! Terima kasih dan wassalamu'alaikum wr. wb

Contoh Naskah Pidato Terbaik  Kedua Dalam Rangka Memperingati  HUT RI Di Sekolah
Contoh Pidato Singkat Hari Kemerdekaan
Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabarrakkatuh,
Yang saya hormati Bapak Kepala Sekolah,
Yang saya hormati Bapak, Ibu Guru dan para Staff dan Karyawan Sekolah,
Tidak lupa pula teman teman yang saya sayangi

Pertama tama, Marilah kita panjatkan puja dan puji syukur atas kehadirat ALLAH SWT yang telah memberi rahmat, nikmat, taufik, hidayah dan inayahNYA kepada kita semua sehingga kita bisa bertemu dan berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat wal afiat.

Sholawat dengan teriring salam tetap tercurahkan kepada junjungan kita Nabi besar MUHAMMAD SAW. Nabi pemimpin umat yang menyelamatkan manusia dari zaman jahiliyah yang penuh dengan kegelapan hingga menuju zaman islamiyah yang terang benderang. Semoga kita semua mendapatkan syafa'atul husnah di akhir zaman nanti.. Amin Ya Roball Alamin.

Teman teman yang saya sayangi,
Hari ini tepat pada tanggal 17 Agustus ....  kita memperingati hari ulang tahun kemerdekaan Negara kita yang ke-..... , Kita boleh dengan bebas dan bangga merayakan kemerdekaan kita. Namun ingatlah perjuangan para Pahlawan yang dengan jiwa patriotisnya memperjuangkan kemerdekaan negara kita. Kini kita sudah merdeka, kita sudah bebas dari cengkraman tangan dingin penjajah, Namun apakah kita hanya bisa bersenang-senang dan melupakan cucuran peluh, air mata dan darah di kala itu ? Tentu tidak bukan ??

Karena itulah melalui momentum peringatan hari ulang tahun kemerdekaan ini kita jadikan semangat untuk ikut berjuang membangun bangsa dengan jiwa patriotisme dan nasionalisme yang telah dimiliki para pendahulu kita. Kita harus meningkatkan semangat belajar, belajar dan belajar demi membangun bangsa ini menjadi bangsa yang besar, bangsa yang mandiri, bangsa yang bisa duduk sejajar dan berdampingan dengan negara-negara maju serta menjadi bangsa yang makmur dan  mampu mensejahterakan rakyatnya.

Untuk itu marilah kita menjadi generasi yang tidak cengeng, tidak hanya berpangku tangan, untuk berjuang menatap ke depan menyongsong kemakmuran rakyat dan negara. Generasi sekarang harus mengambil contoh dan hikmah serta sikap pejuang dahulu, Sikap yang patriotisme, sikap yang pantang menyerah, sikap berjuang demi negara.

Janganlah menjadi generasi yang suka santai, pandai mengeluh, hura-hura, dan tidak beretika. Bila semua itu terjadi maka keinginan mewujudkan negara yang besar dan maju hanya akan menjadi isapan jempol belaka. Bahkan bukan tidak mungkin Negara akan hancur bila generasi mudanya sudah kehilangan nilai-nilai budi pekerti luhur serta semangat hidup bergotong-royong membangun bangsa.

Semangat nasionalisme generasi muda juga sangatlah penting, Dengan adanya semangat tersebut kita dapat membentuk kesadaran dan kesetiaan terhadap bangsa dan negara tanpa memandang Suku, Ras dan Agama. Jadikan keragaman ini sebagai sumber kekuatan bangsa, Sudah bukan zamannya untuk membeda-bedakan antara golongan yang satu dengan golongan yang lain. Sikap membeda-bedakan akan menjadi bom waktu yang setiap saat dapat meledakkan bangsa dan negara ini menjadi berkeping-keping.

Teman-teman yang saya sayangi...
Dengan semangat nasionalisme kita dapat menjalin kerukunan antar rakyat sebagai sumber kekuatan bangsa, kita dapat membangun bangsa dan negara, kita dapat hidup sejajar dengan negara maju. Oleh sebab itu, kita tidak boleh tercerai berai, tidak boleh berdiam diri, tidak boleh berputus asa dalam menghadapi kenyataan seperti itu. Kita harus bangkit, bersemangat untuk melakukan perubahan Bangsa menjadi bangsa yang sejahtera. Saya yakin, Kita semua tidak ingin menjadi bangsa yang terpuruk dan terbelakang. Saya yakin kita semua bisa melakukannya dengan sangat baik ! Karena generasi saat ini menjadi penompang bangsa indonesia, dan memiliki tugas yang sangat penting untuk memajukan bangsa Indonesia di segala bidang.

Akhir kata... Yakinlah bahwa kita sebagai generasi muda penerus bangsa mampu memberikan yang terbaik untuk bangsa dan negara tercinta ini. Selamat berjuang, Tetap semangat belajar untuk menjadi generasi muda yang terbaik. Merdekaa !!....Merdekaa !!........Merdeka!!!.
Wassalammua'laikum Warrahmatullahi Wabarrakkaatuhh,


Contoh Naskah Pidato Terbaik  Dalam Rangka Memperingati  HUT RI Di Sekolah. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa